Oleh: gusti | Desember 17, 2009

Huta di Ambarita

Huta adalah kelompok rumah-rumah yang terdiri dari beberapa rumah khas batak di dalam satu area, biasanya dalam 1 huta terdapat 5 -12 Rumah.

Rumah Batak itu dibagi menjadi tiga tingkatan yang melambangkan tiga unsur penting dari alam semesta (dunia bawah tanah, bumi dan dunia atas). Binatang itu disimpan di bagian bawah rumah (di mana mereka akan berjaga atau sebagai sesuatu yang dapat mengingatkan majikannya terhadap suatu serangan), Sedangkan mereka sendiri tinggal dibagian tengah. Dan pada bagian bawah atap digantungnya atau tempat menyimpan beberapa pusaka suci mereka.

Bila kita perhatikan.., sebenarnya pondasi rumah-rumah sangatlah sederhana dan terbuat dari kayu, akan tetapi kebanyakan dari rumah-rumah yang berada di Huta seperti ini memiliki pondasi yang cukup lama bahkan ada yang mencapai ratusan tahun, mereka hanya melakukan renovasi pada atap rumah yang masa sekarang terbuat dari seng.

Dan bagusnya rumah-rumah seperti ini ada sangat banyak di pulau samosir ini dan masih terus di jaga kelestariannya oleh para keturunan dari si pendiri rumah tersebut.


Tinggalkan komentar

Kategori