Oleh: gusti | Mei 19, 2010

Boiler adalah Perebus :P

Apa sih Boiler?

There are so many definitions available. From Wikipedia :

A boiler is a closed vessel in which water or other fluid is heated. The heated or vaporized fluid exits the boiler for use in various processes or heating applications

Tetapi di sini kita perlu melihat lebih ke subjeknya. Tepat apa yang dimaksud dengan ungkapan “mendidih“? Untuk studi ini kita harus mempertimbangkan tiga dasar wujud zat: padat, cair dan gas. (A plasma, yang dihasilkan ketika atom dalam gas menjadi terionisasi) Dalam keadaan padat, setiap zat terdiri dari banyak molekul terikat erat bersama-sama oleh gaya tarik menarik antara mereka.  Ketika molekul ini menyerap energi panas,artinya tingkat kenaikan molekul dan  jarak antara molekul meningkat.  Efek dari perubahan panas yang signifikan ini membuat setiap molekul mempunyai pergerakan yang independent, sehingga gaya tarik menarik pun berkuran. Hal inilah yang kita sebut mencair.

Semakin banyak panas yang diberikan pada sebuah cairan, beberapa molekul mendapatkan energi yang cukup untuk keluar dari permukaan cairan, sebuah proses yang disebut penguapan.
(Dimana jika ad cairan tumpah di permukaan, maka secara bertahap akan hilang). Apa yang terjadi selama proses penguapan adalahdikarenakan beberapa molekul berpindah pada temperatur cukup rendah, tetapi karena suhu yang naik menjadi panas terjadi lebih cepat dan pada titik tertentu sehingga cairan tersebut menjadi sangat gelisah, dan dengan jumlah besar gelembung mulai naik ke permukaan. Pada saat itu cairan dikatakan mulai ‘mendidih’. Hal ini disebut proses perubahan bentuk cair ke uap, yang merupakan perubahan cairan ke dalam keadaan gas.


Responses

  1. nice info mas,,,,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: